Notice: Undefined index: act in /var/www/html/sastra/media.php on line 18
Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya

FIB Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan FTIK UIN KHAS Jember Sepakati Kerja Sama Implementasi M

Senin, 13 Mei 2024 - 14:09:02 WIB
Dibaca: 24 kali

FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terus perluas jejaring kerja sama antar perguruan tinggi sebagai salah satu poin penting untuk memperkuat kelembagaan dan menerapkan MBKM. Pada hari ini, Kamis tanggal 2 Mei 2024, pada pukul 13.00 WIB, bertempat di ruang rapat Dekanat FTIK Lantai 6, pimpinan FTIK UIN KHAS Jember menerima kedatangan tamu dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Para pihak yang hadir antara lain Dekan FTIK UIN KHAS Jember (Dr. H. Abdul Mu'is, M.Si.) yang didampingi oleh Wakil Dekan II (Dr. H. Mustajab, M.Pd.I), Wakil Dekan III (Dr. Rif'an Humaidi, M.Pd.I), Kabag TU FTIK (Moh. Zainuri, S.E.), dan Koordinator Program Studi Tadris Bahasa Inggris (Dewi Nurul Qomariyah, S.S., M.Pd.), serta pihak tamu dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya antara lain Dekan Fakultas Ilmu Budaya (Mateus Rudi Supsiadji, S.S., M.Pd.) bersama timnya yaitu sebagai berikut:
1. Dr. Pariyanto, M.Ed. (Kaprodi Sastra Inggris)
2. Muizzu Nurhadi, S.S., M.Hum. (Kepala Laboratorium Sastra Inggris)
3. Linusia Marsih, S.S., M.Pd. (Kepala Pusat Layanan Bahasa)
4. Dona Rahayu Sugiharti, S.S. M.Hum. (Dosen/LSP) 

Dekan FTIK UIN KHAS Jember, Abdul Mu'is, menyatakan menyambut dengan baik upaya menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tersebut. "Ini merupakan hal yang sangat baik dan tentu menjadi kebermanfaatan bagi kedua belah pihak dalam rangka peningkatan mutu kelembagaan. Kerja sama merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan mutu akademik dan SDM, serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. Untuk itu kami akan terus melakukan upaya perluasan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya perguruan tinggi, baik dalam skala nasional maupun internasional", ucap beliau.
Dalam sambutannya, beliau juga mengemukakan rencana strategis FTIK, yang di antaranya adalah mewujudkan akreditasi unggul pada seluruh prodi yang ada di FTIK, serta peningkatan mutu SDM baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Ke depan, FTIK UIN KHAS Jember akan berupaya menggenjot program yang mendukung rekognisi internasional. Dan untuk itu, diperlukan kerja sama lebih luas lagi dengan lembaga-lembaga berskala internasional. 

Dekan FIB Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Mateus Rudi Supsiadji, mengutarakan kebahagiaannya bisa hadir di FTIK UIN KHAS Jember untuk melaksanakan kesepakatan kerja sama. Beliau juga menyampaikan maksud dari pelaksananaan kesepakatan tersebut ialah dalam rangka mengimplementasikan Pelaksanaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebagaimana diketahui bahwa dunia pendidikan saat ini semakin dihadapkan pada berbagai tantangan dan dinamika yang kompleks. Salah satu peran yang bisa dilakukan oleh perguruan tinggi ialah memfasilitasi mahasiswa agar dapat mengasah hard skill maupun soft skill mereka. Untuk itu beliau mengajak kedua belah pihak untuk bersama-sama berkolaborasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

image host

Perjanjian kerja sama yang telah disepakati dalam pertemuan ini terkait penerapan MBKM di masing-masing institusi melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka. Realisasi kegiatan yang dimaksud antara lain berupa pembelajaran atau perkuliahan di luar program studi yang dapat ditempuh oleh mahasiswa program studi S1 Sastra Inggris FIB Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan program studi S1 Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN KHAS Jember. Tak hanya itu, dengan digagasnya kerja sama ini akan membuka kesempatan untuk pelaksanaan kegiatan pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen (visiting lecturer), pengembangan kurikulum, penerbitan berkala ilmiah, penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat di antara kedua belah pihak.

(Evi R. Dianita/ Rofiq Hidayat)